#
#
AnakUnindra - لسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه Pada artikel kali ini kita akan membahas Definisi e-Commerce. E-commerce merupakan singkatan dari Elektronic Commerce. Istilah e-commerce dapat saja diartikan berbeda-beda oleh setiap orang, yang penting untuk dimengerti adalah persamaan-persamaannya. 
E-commerce melibatkan lebih dari satu perusahaan, dan dapat diaplikasikan hampir di setiap jenis hubungan bisnis. E-Commerce sendiri merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan secara elektronik melalui suatu jaringan (biasanya internet) dan komputer atau kegiatan jual – beli barang atau jasa (atau mentransfer uang) melalui jalur komunikasi digital. E-commerce merupakan prosedur berdagang atau mekanisme jual-beli di internet dimana pembeli dan penjual dipertemukan di dunia maya. E-commerce juga dapat didefinisikan sebagai suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“.


e-Commerce


Definisi e-Commerce Menurut Para Ahli


Definisi E-Commerce menurut Laudon & Laudon (1998), E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.


E-Commerce atau yang biasa disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002).



Sedangkan definisi E-Commerce menurut David Baum (1999, pp. 36-34) yaitu: E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations.



Diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.

Tujuan dari aplikasi e-commerce


Orang yang ingin membeli barang atau transaksi lewat internet hanya membutuhkan akses internet dan interface-nya menggunakan web browser. Menjadikan portal e-commerce / e-shop tidak sekedar portal belanja, tapi menjadi tempat berkumpulnya komunitas dengan membangun basis komunitas, membangun konsep pasar bukan sekedar tempat jual beli dan sebagai pusat informasi (release, product review, konsultasi, etc)

Pengelolaan yang berorientasi pada pelayanan, kombinasi konsepsi pelayanan konvensional dan virtual : Responsif (respon yang cepat dan ramah), Dinamis, Informatif dan komunikatif. Informasi yang up to date, komunikasi multi-arah yang dinamis. Hal yang perlu diperhatikan bagi penjual melalui e-commerce adalah:

  1. Prouduk yang ditawarkan.
  2. Harga yang bersaing dengan penjual lain.
  3. Variasi produk.
  4. Pelayanan terhadap pelanggan.
  5. Kualitas yang baik atau bahkan lebih unggul dari penjual lain.

JENIS-JENIS BISNIS DALAM E-COMMERCE :

  1. Business to Business (B2B)
  2. Business to Costumer (B2C)
  3. Costumer to Costumer (C2C)
  4. Government to Nation (G2N)
Karakteristik dari masing-masing jenis bisnis e-commerce :

  • Business to Business, karakteristiknya:
  1. Trading partners yang sudah saling mengetahui dan antara mereka sudah terjalin hubungan yang berlangsung cukup lama.
  2. Pertukaran data dilakukan secara berulang-ulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati bersama.
  3. Salah satu pelaku tidak harus menunggu rekan mereka lainnya untuk mengirimkan data.
  4. Model yang umum digunakan adalah peer to peer, di mana processing intelligence dapat didistribusikan di kedua pelaku bisnis.

  • Business to Consumer, karakteristiknya:
  1. Terbuka untuk umum, di mana informasi disebarkan secra umum pula.
  2. Servis yang digunakan juga bersifat umum, sehingga dapat digunakan oleh orang banyak.
  3. Servis yang digunakan berdasarkan permintaan.
  4. Sering dilakukan sistim pendekatan client-server. (Onno W. Purbo & Aang Arif. W; Mengenal E-Commerce, hal 4-5)

SPESIFIKASI SISTEM UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN ECOMMERCE :


  1. Insfrastruktur system distribusi (flow of good)
  2. Insfrastruktur pembayaran (flow of money)
  3. Infrastruktur system informasi (flow of information)

MANFAAT YANG DIANTISIPASI DARI PERDAGANGAN MELALUI JARINGAN ELEKTRONIK :


  1. Pelayanan pelanggan yang lebih baik.
  2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik.
  3. Pengembangan atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat.

Referensi :

http://jurnal-sdm.blogspot.co.id
http://siunindra.blogspot.co.id
Axact

AnakUnindra

Materi Informatika.

Member of Zata MediaIndo

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Jangan sungkan untuk berkomentar, berkomentarlah dengan bijak. Dilarang :
1. Berkomentar tidak sesuai topik bahasan, spamming, dan promosi
2. Berkomentar dengan tautan aktif.
3. Mencela, menghujat dan SARA.