#
#
AnakUnindra - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه Pada postingan kali ini saya mau membahas tentang sebuah program yang bisa dibilang awal dari semester 1 waktu dikampus, yaitu Turbo Pascal. Pada postingan kali ini saya akan membagikan editor Turbo Pascal kepada rekan-rekan sekalian yang telah saya paketkan menjadi sebuah single installer.

Sebenarnya jika rekan-rekan sekalian ingin mendapatkan program ini bisa melalui lab pada saat praktek Pemograman 1. Tetapi jika rekan-rekan ingin belajar lebih lanjut ataupun lebih menguasai agar pada saat nanti praktek di lab sehingga membuat rekan-rekan merasa lebih paham silahkan saja.
Baiklah ada beberapa hal yang harus rekan-rekan perhatikan untuk memulai menggunakan Turbo Pascal. Pertama Turbo Pascal masih berjalan dibawah DOS sehingga hanya sistem operasi lama yang bisa berjalan seperti windows 98/2000/Millenium[ME]/XP. Saya sudah mencoba pada windows 7 x64 akan tetapi selalu tidak bisa sedangkan untuk windows 7 x86 masih bisa berjalan dengan baik. Untuk solusi pada windows 7/8/10 bisa membaca pada dosbox untuk pascal pada windows 7.

Kedua pastikan sistem operasi windows rekan-rekan 32-bit/x86 based. Karena jika x64/64-bit sudah dipastikan tidak akan berjalan dengan baik. Sedangkan untuk linux yang setara dengan windows XP adalah Ubuntu versi 9.10 yang rilis tahun 2009 dengan menggunakan WINE. Setahu saya mayoritas di unindra menggunakan OS Windows mungkin hanya beberapa orang yang menggunakan linux.
Ketiga pastikan rekan-rekan telah mengunduh terlebih dahulu installernya, pastikan juga komputer rekan-rekan telah terinstall winrar/winzip kemudian ikuti gambar dibawah ini :

Pastikan rekan-rekan sudah mengunduh Turbo Pascal x86. Kemudian ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Setelah mengunduh silahkan 'ekstrak' terlebih dahulu


2. Kemudian masukkan passwordnya yang sudah disediakan didalam paket file unduhan


3. Kemudian pastikan klik file yang sudah ditandai


4. Kemudian klik 'next' sesuai dengan instruksi yang diberikan


5. Tunggu proses instalasi hingga selesai


6. Jika sudah mendapatkan pesan ini berarti instalasi sudah selesai.


Jika rekan-rekan mau mengganti icon seperti di lab komputer dikampus, rekan-rekan bisa membaca artikel mengganti shortcut icon pascal. Untuk selanjutnya rekan-rekan bisa membaca pengenalan GUI Pascal. Terima kasih sudah mau membaca postingan kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.



Axact

AnakUnindra

Materi Informatika.

Member of Zata MediaIndo

Post A Comment:

1 comments:

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Jangan sungkan untuk berkomentar, berkomentarlah dengan bijak. Dilarang :
1. Berkomentar tidak sesuai topik bahasan, spamming, dan promosi
2. Berkomentar dengan tautan aktif.
3. Mencela, menghujat dan SARA.