#
#

AnakUnindra - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه Bagi sebagian rekan-rekan mungkin ada yang belum memahami apa itu Algoritma. Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai Definisi Algoritma beserta penjelasan menurut para ahli.

Sejarah Algoritma


Para ahli sejarah matematika menemukan bahwa asal kata dari algoritma adalah Algorism yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal di kalangan umat Muslim yakni Abu Ja'far Muhmmad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi kemudian bukunya dibaca oleh orang barat menjadi Algorism. Tidak hanya Algoritma, Al-Khuwarizmi juga menulis buku yang berjudul Kitab Al-Jabar Wal-Muqabala yang berarti Buku pemugaran dan pengurangan. (Ritayani: Pengantar Algoritma dan Pemrograman).

Berdasarkan dari judul buku tersebut diperoleh akar kata dari Aljabar atau Algebra. Seperti halnya dengan Algoritma yang berasal dari kata Algorism kemudian menjadi Algorithm. Perubahan kata dari Algorism sering keliru oleh banyak orang dengan menyebut Arithmetic, sehingga akhiran sm kemudian berumah menjadi thm.

Sebelum kita melakukan suatu pekerjaan, yang sangat diperlukan adalah sebuah pengenalan terhadap konsep pekerjaan untuk sebuah pekerjaan dalam memahami cara mencapai target pekerjaan yang ingin kita capai nanti. 


Definisi Algoritma


Definisi Algoritma adalah susunan langkah penyelesaian suatu masalah secara sistematika dan logis. Terdapat dua kata yang menjadi titik perhatian kita yakni sistemati dan logis. Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah. 

Analogi sederhana, menyeduh kopi!


Menyeduh kopi? Apa ada hubungannya dengan algoritma pemrograman? Tentu saja ada, karena umumnya seorang programmer ketika membuat program sering ditemani oleh secangkir (atau beberapa cangkir) kopi, setidaknya itu kebiasaan Saya (dan sebagian programmer) saat membuat suatu program.

Namun tentu saja bukan itu alasan utamanya, hal tersebut hanya untuk memudahkan pemahaman dalam mengerti apa itu algoritma pemrograman, guru atau dosen umumnya memberikan analogi “menyeduh kopi” saat menjelaskan pengertian algoritma pemrograman.

Berikut (kurang-lebih) langkah-langkah menyeduh kopi:
  1. Mulai
  2. Mempersiapkan satu gelas kosong.
  3. Mempersiapkan kopi sachet instan.
  4. Mempersiapkan air panas masak.
  5. Memasukkan satu sachet kopi instan kedalam gelas tersebut diatas.
  6. Menuangkan air panas kedalam gelas tersebut diatas hingga 4/5 penuh.
  7. Mengaduk gelas tersebut diatas hingga kopi instan larut dalam air panas.
  8. Selesai

Contoh diatas adalah “algoritma menyeduh kopi”, ingat algoritma adalah “langkah-langkah” atau “prosedur”, contoh diatas tentu saja kasus sangat sederhana, pada kegiatan pemrograman akan jauh lebih kompleks lagi, misalnya adanya “percabangan” atau “penyeleksian kondisi”.

Algoritma Menurut Para Ahli


Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi


Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu persoalan

Goodman Hedet Niemi


Algoritma adalah urutan terbatas dari operasi-operasi terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah

Donald E. Knuth


Algoritma adalah sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus

Rinaldi Munir


Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis

Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D.


Algoritma adalah suatu daftar langkah-demi-langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu

David Bolton

Algoritma adalah deskripsi dari suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil
 

Andrey Andreyevich Markov

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk  mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan

Stone dan Knuth

Algoritma adalah suatu seperangkat aturan yang tepat mendefinisikan urutan operasi hingga sedemikian rupa sehingga setiap aturan yang efektif, jelas hingga sedemikian rupa sehingga urutan berakhir dalam waktu yang terbatas

Minsky

Algoritma adalah seperangkat arutan yang membertahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana untuk bertindak


Dapat disimpulkan bahwa Algoritma adalah :


Definisi Algoritma “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

Langkah-langkah yang sistematis dan logis, mengandung arti urutan (berupa rancangan) yang dapat diimplementasikan, untuk membuat rancangan tersebut umumnya para “system analyst” menggunakan beberapa model seperti Flowchart, Data Flow Diagram (DFD), ER (Entity Relationalship)  Diagram, UML (Unified Modeling Language), dan lain sebagainya.

Referensi :

http://www.artikelsiana.com/
http://dosenit.com/
Axact

AnakUnindra

Materi Informatika.

Member of Zata MediaIndo

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Jangan sungkan untuk berkomentar, berkomentarlah dengan bijak. Dilarang :
1. Berkomentar tidak sesuai topik bahasan, spamming, dan promosi
2. Berkomentar dengan tautan aktif.
3. Mencela, menghujat dan SARA.